Mengenal Lebih Dekat Dengan Gunung Ruang

Sobat penasaran dan ingin mengenal lebih dekat dengan Gunung Ruang yang ada di Tagulandang? Artikel ini khusus membahas keistimewaan serta ke unikan tentang gunung ruang.

Gunung ruang adalah gunung yang terletak di pulau tagulandang khusus di pulau ruang. Bagi sobat yang baru kenal tagulandang pasti bingung ya? Saya sempat bahas pada artikel sebelumnya, di mana pulau tagulandang memiliki 1 pulau besar sering di sebut tagulandang dan 2 pulau kecil yaitu pulau ruang dan pulau pasighe.

Nah sudah bisa ada gambarannya kan? Oke kita lanjut membahas sesuai judul postingan.

Gunung ruang di katakan istimewa karena salah satu gunung merapi yang ada di Sulawesi Utara, dan statusnya masih aktif. Pemandangan yang indah akan sobat lihat jika berada dari puncak gunung tersebut.
Pemandangan pantai dari puncak ruang

Jika sobat ke tagulandang dan ingin mendaki gunung tersebut, harus memiliki ijin dari BMKG SITARO. Dan apabila di berikan ijin untuk mendaki, sebaik meminta warga sekitar gunung tersebut sebagai pemandu jalan untuk ke puncak gunung.

Untuk ke gunung, jika sobat sebelumnya dari pusat tagulandang harus menggunakan perahu kayu untuk menyebrang ke pulau ruang. Perahu tersebut merupakan alat transportasi untuk masyarakat di pulau ruang untuk ke pasar di tagulandang.

Jika sudah di pulau ruang, perjalanan ke puncak gunung, membutuhkan waktu kira-kira 2-4 jam. Tergantung dari jalan mana yang sobat tempuh. Tingkat kesulitan untuk mendaki gunung ini, boleh dikatakan lumayan. Karena jalannya berpasir dan berbatu-batuan kecil yang membuat jalannya menjadi licin. Sehingga sobat harus berhati-hati untuk ke puncak, dan ini merupakan tantangan tersendiri bagi pendaki gunung ruang.

Gunung ruang sama seperti gunung merapi lainnya, memiliki lubang atau kawa di puncaknya. Sobat bisa lihat pada gambar di bawah ini.

Kawa yang ada di puncak sangat ektrim dan menakutkan jika sobat melihat dari jarak dekat.

Berikut ini merupakan koleksi foto dari teman-teman saya pada waktu mendaki gunung ruang tersebut.








Dari foto-foto di atas, sobat sudah bisa melihat bagaimana keadaan gunung ruang yang sebenarnya.

Apabila sobat tertarik untuk melihat secara langsung, silahkan berkunjung ke tagulandang dan mendaki gunung tersebut.

Terima kasih atas kunjungannya, semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat dalam mengenal bagaimana gunung ruang di pulau tagulandang.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Lebih Dekat Dengan Gunung Ruang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel